Rabu, 17 Juni 2015

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan - Dokter Sehat: Ciri-ciri Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan - Dokter Sehat
Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan 
Ciri-ciri Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya
Jun 18th 2015, 01:00, by Dokter Sehat

DokterSehat.Com – Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya.

Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Penyebab

Human papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab dari kanker serviks. Sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.

Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia <16 tahun bahkan dapat meningkatkan resiko 2x terkena kanker serviks). Faktor lain penyebab kanker serviks adalah adanya keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama, terlalu sering melahirkan.

berikut adalah ciri-ciri dari kanker serviks :

  • Sering timbul flek-flek pada bagian kewanitaan anda, walaupun anda sedang tidak mengalami haid.
  • Sering mengalami sakit yang berlebih atau nyeri-nyeri ketika anda sedang melakukan hubungan suami istri.
  • Mengalami keputihan yang tidak wajar dan kadang disertai dengan pendarahan yang banyak.
  • Ketika buang air kecil sering merasakan sakit pada bagian kewanitaan anda.
  • Mengalami pendarahan yang banyak ketika anda menstruasi.
  • Sering merasakan sakit di daerah pinggul.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Menstruasi tidak teratur.
  • dan kadang anda akan mengalami pembengkakkan dibagian paha.

ntuk gejala lebih detilnya mungkin dapat anda konsultasikan ke dokter, karena ciri-ciri diatas merupakan ciri-ciri umumnya saja. Kadang ada penderita kanker serviks yang tidak mengalami ciri-ciri tersebut, namun setelah dicek ternyata positif kanker serviks. Hal ini juga susah untuk dijelaskan.

Sekarang kita sudah mengetahui apa ciri-ciri dari kanker serviks tersebut, sekarang bagaimana cara mencegahnya ? karena menurut kabar yang beredar kanker ini belum bisa disembuhkan, namun dapat kita cegah.

Tips untuk mencegah kanker serviks ini :

  • Hindari membersihkan bagian kewanitaan anda terlalu sering karena dapat membunuh bakteri baik yang ada didalamnya dan PH menjadi tidak stabil.
  • Melakukan vaksin HPV untuk mencegah virus tersebut masuk kedalam tubuh anda.
  • Jangan berganti-ganti pasangan karena sudah saya jelaskan diatas akibatnya.
  • Jika anda belum menikah, hindari hubungan intim secara bebas karena jika anda melakukannya maka resiko anda terkena kanker ini akan semakin tinggi.
  • Mulailah pola hidup sehat yang baik dan benar karena dengan pola hidup yang sehat resiko anda untuk mengalami berbagai macam penyakit menjadi kecil.
  • Hindari kebiasaan merokok karena merokok dapat meningkatkan resiko anda untuk mengalami kanker serviks.
  • Dan yang terakhir cukupi kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh anda setiap hari seperti mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 komentar:

Posting Komentar