Sabtu, 20 Juni 2015

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan - Dokter Sehat: Cara Penularan Cacing Pita Pada Manusia

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan - Dokter Sehat
Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan 
Cara Penularan Cacing Pita Pada Manusia
Jun 20th 2015, 07:00, by Dokter Sehat

DokterSehat.Com – Cacing pita (Taennia) merupakan jenis cacing parasit yang banyak menginfeksi kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata), mulai dari babi, sapi hingga manusia. Telur cacing ini sering ditularkan melalui daging binatang yang terinfeksi, namun tidak dimasak hingga matang sempurna.

Membahas mengenai cacing pita, kali ini akan dijelaskan secara detail cara penularan cacing pita pada manusia. Cacing pita atau taenia dewasa tersebut hidup dalam usus manusia yang disebut dengan induk semang definitif. Dalam fase pertumbuhan cacing pita tersebut dalam diri manusia melalui inang antara sapi, kerbau dan babi yang mengandung telur yang masuk dalam tubuh dalam bentuk makanan yang kemudian mengeluarkan embrio dengan cara mengikuti sirkulasi darah yang berangsur-angsur akan berkembang sistiserkosis yang infektif di dalam otot tertentu.

Salah satu bukti penyebaran taenia atau cacing pita dalam tubuh manusai yang khususnya hidup dalam iklim tropis seperti Indonesia adalah provinsi Papua yang telah ditemukan sebesar 66,% atau 106 dari 160 responden positif menderita taeniasis solium yang berasal dari daging babi. Dari kasus tersebut bisa disimpulkan bahwa proses penularan cacing pita pada manusia itu sendiri adalah sebagai berikut :

  • Penularan melalui daging hewan yang dikonsumsi sehari-hari seperti daging sapi, kerbau dan babi. Ketiga hewan tersebut memang terbukti mengandung larva cacing pita atau sistisekus.
  • Makanan, minuman dan lingkungan yang tidak bersih dan memungkinkan tercemar oleh telur cacing pita tersebut.
  • Penularan terhadap penderita di mana tinjanya yang mengandung telur cacing pita atau segmen tubuh (prolglotid).

Nah itulah penjelasan mengenai cara penularan cacing pita pada manusia. Setelah mengetahui cara penularannya tersebut maka perlunya dilakukan pengendalian supaya persebaran cacing pita pada diri manusia jumlahnya tidak semakin banyak. Cara pengendaliannnya salah satunya adalah dengan memutuskan siklus hidupnya dengan beberapa obat yang telah direkomendasikan oleh dokter yaitu Atabrin, Librax dan Niclosamide. Sedangkan untuk pencegahan dari hewan itu sendiri harus dilakukan vaksinasi pada ternak terutama pada babi.

Selain itu faktor lingkungan bersih juga sangat penting untuk memutuskan siklus hidup dari cacing pita atau taenia tersebut. Karena lingkungan yang kotor justru menjadi sumber penyebaran terbesar dan tercepat cacing pita melalui hewan peliharaannya lalu kepada manusia itu sendiri.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 komentar:

Posting Komentar